×
Pentingnya Mempersiapkan Kebutuhan Finansial di Masa Depan Dengan  Seminar “Experience a Simple Life for Better Tomorrow”, Allo Invest Goes To Campus


 Seminar “Experience a Simple Life for Better Tomorrow”, Allo Invest Goes To Campus


Perkembangan teknologi yang pesat membuat kegiatan transaksi menjadi semakin mudah. Salah satunya adalah dengan melakukan investasi. Dalam rangka memberikan edukasi mengenai pentingnya mempersiapkan kebutuhan finansial di masa depan, Pusat Karier UNJ bekerja sama dengan AlloBank dan InvestasiKu melangsungkan webinar dengan tema “Experience a Simple Life for Better Tomorrow”. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2023 secara daring melalui Zoom Meeting dengan dihadiri oleh Ibu Vania Zulfa, M.Pd. selaku Kepala Divisi Pusat Karier UPT LBK UNJ dan turut mengundang narasumber yang ahli dalam bidangnya, yaitu Samantha Leopard, Key Account Manager AlloBank dan Merry Putri Sirait, Digital Business & Learning Specialist of InvestasiKu. 


Acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan acara oleh Ibu Vania Zulfa, M.Pd. selaku Kepala Divisi Pusat Karier UPT LBK UNJ. Dalam sambutannya, Ibu Vania menjelaskan bahwa webinar dan seminar mengenai pengembangan karier dan keterampilan kerja ini merupakan acara rutin yang diadakan pusat karier untuk mengadakan webinar dan seminar di setiap bulannya yang bekerja sama dengan berbagai mitra dalam rangka mengembangkan softskill maupun hardskill dari mahasiswa dan alumni agar kelak nanti siap masuk ke dunia kerja. Selain itu, Ibu Vania juga berterima kasih kepada mitra yang sudah mau bekerja sama, yaitu AlloBank dan InvestasiKu dan mengharapkan agar acara ini dapat bermanfaat untuk peserta khususnya mahasiswa dan alumni.




Dengan dibukanya acara, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama dengan judul “The Important of Financial Planning for Youth” yang dibawakan oleh narasumber, yaitu Kak Samantha Leopard sebagai Key Account Manager di AlloBank. Di awal Kak Samantha menjelaskan tujuan dan manfaat dari materi ini adalah agar kita lebih bisa mengelola dan mengalokasikan keuangan berdasarkan kebutuhan kita. Di mana cara dan konsep paling dasar untuk bisa mengelola dan mengalokasikan berdasarkan kebutuhan keuangan dapat dilakukan dengan membaginya kedalam presentase, yaitu 50% untuk kebutuhan, 30% keinginan, 20% savings. Kak Samantha juga menjelaskan bahwa savings juga penting, salah satunya untuk bisa berinvestasi dan memiliki simpanan untuk hal-hal darurat yang tidak dapat kita duga. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan layanan bank digital, yaitu AlloBank dengan keunggulan yang dimilikinya, yaitu saldo minimum nol, biaya operasional nol, dan dapat tarik tunai tanpa menggunakan kartu.  




Narasumber berikutnya, yaitu Kak Merry Putri Sirait selaku Digital Business & Learning Specialist di InvestasiKu. Kak Merry menjelaskan materi dengan judul “Investasi Sejak Usia Dini” di mana materi tersebut berisi mengenai pentingnya investasi yang dimulai dari usia dini. Kak Merry menjelaskan bahwa investasi itu penting karena dapat memenuhi kebutuhan masa depan, inflasi yang membuat barang menjadi semakin mahal, banyaknya pilihan investasi seperti saham, reksa dana, nft, obligasi, dan kripto, banyak ketidakpastian yang hadir dalam kehidupan kita. Menurut Kak Merry, investasi dapat dimulai dari sekarang jangan esok-esok atau nanti-nanti karena menabung saja tidak cukup untuk mempersiapkan kebutuhan kita di masa depan. 


Dengan demikian, acara ini berjalan dengan lancar hingga akhir. Dengan materi dan pengetahuan yang diberikan oleh narasumber diharapkan dapat bermanfaat bagi kita untuk dapat mengatur keuangan dan finansial yang kita miliki sebagai sarana untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.



Jakarta, 15 April 2023