√ó

Artikel Pembekalan Mahasiswa Jelang Wisuda Semester 115 Universitas Negeri Jakarta

 

Penulis : Muhammad Fikri Nugroho


Pada akhir bulan Maret 2022 telah diselenggarakan kegiatan Pembekalan Mahasiswa Jelang Wisuda semester 115 dengan tema "Going Big with small: Small Steps Towards Your Study Abroad Dream 2022".

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 28 Maret 2022 pukul 09:00 - 12:00 WIB secara daring melalui media pertemuan Zoom Meeting.

Pada acara tersebut dihadiri oleh Ibu Vania Zulfa, M.Pd. selaku Kepala Divisi Pusat Karier UPT LBK UNJ,  Ibu Tri Suparmiyati, M.Si, selaku Kepala BAKHUM dan Bapak Dr. Juri Ardiantoro, M.Si. selaku Ketua IKA UNJ. Selain itu terdapat dua pembicara yaitu kak Aulia Oktadino Azre, Penerima beasiswa LPDP di University Of Reading (UK) dan kak Datin Tarina Alysa Bachtiar, S.Sos., M.A. yang sedang melanjutkan S3 di Mahidol University Thailand.

Acara pada pagi hari itu dimulai dengan pemutaran lagu Indonesia Raya dan Mars UNJ. Acara dilanjutkan dengan pemaparan Laporan Kepala Divisi Pusat Karier UPT LBK UNJ oleh Ibu Vania Zulfa, M.Pd. Setelah itu dilanjutkan dengan Sambutan dan Pembukaan acara secara resmi oleh Ibu Tri Suparmiyati, M.Si, selaku Kepala BAKHUM yang diikuti dengan Welcoming Speech dari Ketua IKA UNJ Bapak Dr. Juri Ardiantoro, M.Si.

Di awal acara Ibu Vania Zulfa, M.Pd. menjelaskan terkait target Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 yang harus dicapai oleh universitas yaitu memastikan alumni bekerja dan berwirausaha kurang dari enam bulan setelah lulus serta melanjutkan studi kurang dari satu tahun setelah lulus. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan dari Ibu Tri Suparmiyati, M.Si, selaku Kepala BAKHUM, beliau sangat mendukung acara ini dan berharap kedepannya banyak lulusan Sarjana dan Diploma UNJ yang melanjutkan studi di Universtias yang ada di dalam dan luar negeri. Kemudian acara dilanjutkan dengan Welcoming Speech dari Ketua IKA UNJ Bapak Dr. Juri Ardiantoro, M.Si, yang juga merupakan Alumni IKIP atau UNJ program studi pendidikan sejarah pada tahun 1992. Beliau menghimbau kepada para calon wisudawan untuk mempersiapkan langkah kedepannya setelah wisuda dan berharap para lulusan UNJ kedepannya dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kak Aulia Oktadino Azre yang merupakan salah satu mahasiswa indonesia yang lolos program beasiswa LPDP di University of Reading UK. Kak Azre menceritakan pengalaman pribadi tentang persiapannya untuk mendapatkan LPDP Ke Luar negeri. Selain itu ia juga menjelaskan tentang jenis-jenis beasiswa LPDP, tahapan-tahapan, persyaratan, dan dokumen yang harus dipersiapkan serta tips dan trik untuk mendapatkan LPDP.


Pembicara berikutnya adalah kak Datin Tarina Alysa Bachtiar, S.Sos., M.A. yang saat ini sedang melanjutkan S3 di Mahidol University Thailand. Kak Alysa menceritakan bagaimana pengalamannya saat menjalani kuliah di luar negeri di usia yang cukup muda. Selain itu ia juga menjelaskan berbagai macam beasiswa S2 yang tersedia diberbagai negara. Di akhir pemaparan materinya kak Alysa  menjelaskan tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan beasiswa S2 serta tips dan trik untuk menjalani kuliah di luar negeri.

Secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar dan baik berkat persiapan yang matang dari pihak Divisi Pusat Karier UNJ dan tim Schoters. Kami ucapkan selamat dan semoga sukses kepada seluruh wisudawan semester 115 UNJ.

Kegiatan dapat ditonton kembali pada Kanal YouTube UPT-LBK UNJ pada link berikut:

Video Kegiatan Pembekalan Mahasiswa jelang Wisuda Semester 115

 

Jakarta, 30 Maret 2022

Ada Pertanyaan?