×
Tips Merawat Diri dengan Mindful Self-Care!

Sudah melakukan banyak kegiatan positif dan bermanfaat tapi masih kurang merasa bahagia? Atau sedang banyak kegiatan dan tugas hingga membuat stres semakin meningkat? Yuk kita sama-sama maksimalkan perawatan diri atau self-care agar dapat menjalani hidup dengan sehat, tenang, berbahagia dan tangguh dalam menghadapi permasalahan yang dimiliki. Pada dasarnya self-care diperlukan untuk menyejahterakan diri secara fisik dan juga emosional. Self-care atau perawatan diri berhubungan dengan kesehatan fisik yang positif, kesejahteraan emosional dan kesehatan mental [1]. Sedangkan mindful self-care merupakan keterlibatan yang konsisten dalam kesadaran yang penuh untuk mengevaluasi kebutuhan internal dan tuntutan eksternal serta komitmen yang terarah dalam tindakan tertentu untuk memenuhi kebutuhan, memperoleh kesehatan, serta efisiensi pribadi [2].

Lalu bagaimana tips merawat diri dengan mindful self-care?

1.    Makan makanan yang bergizi dan minum air putih yang cukup

Kamu perlu makan makanan yang bernutrisi dan minum air putih yang cukup agar tubuh terhidrasi. Nutrisi dan asupan gizi yang baik ternyata dapat mempengaruhi suasana hati dan kesejahteraan lho, maka penting juga untuk memperhatikan asupan makanan kita sehari-hari. Tubuh juga perlu air putih yang cukup, karena ketika kita dehidrasi ternyata dapat mengakibatkan sakit kepala, kelelahan, dan penurunan fisik dan kinerja mental.

2.    Olahraga

Olahraga adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh sebagian orang, namun karena banyaknya aktivitas yang kita miliki kadang kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Olahraga sangat penting tentunya untuk mengurangi stres dengan melepaskan endorfin ke dalam aliran darah dan mengurangi ketegangan otot. Hal ini Ini juga meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, mengurangi kelelahan, meningkatkan metabolisme istirahat, membersihkan tubuh dari racun, dan meningkatkan aliran darah ke otak.

3.    Istirahat yang cukup

Istirahat dan tidur menjadi salah satu hal yang penting dalam perawatan diri. Ketika kita kekurangan tidur, kemungkinan besar kita akan cepat lelah. Bahkan jika kita mengalami insomnia, kemungkinan akan berdampak pada kualitas hidup. Yuk istirahat yang cukup agar kita semakin peduli pada diri kita sendiri.

4.    Memiliki hubungan yang sportif

Hubungan sosial seperti pertemanan, percintaan dan hubungan dengan keluarga juga menjadi salah satu perawatan diri yang penting. Kualitas hubungan yang baik ditandai dengan komunikasi dua arah dan komunikasi yang asertif. Ketika kita apa adanya dan bisa mengatakan tidak untuk sesuatu hal yang kita tidak sukai atau kita tidak bisa lakukan, maka itu akan memudahkan kita dan tentunya meningkatkan kebahagiaan.

5.    Yoga untuk meningkatkan mindful awareness

Melakukan meditasi dan yoga dapat meningkatkan kesadaran penuh terhadap seluruh kegiatan yang kita hadapi. Latihan ini juga dapat menurunkan gejala stres dan melatih kita untuk siap dalam menghadapi berbagai aktivitas dan tantangan dalam hidup secara lebih bermakna.

6.    Mindful relaxation

Kamu bisa melakukan latihan menenangkan diri dan relaksasi sebagai upaya positif yang dilakukan tubuh ketika merasa stres dan penuh tekanan. Latihan yang dapat dilakukan yaitu latihan pernafasan, membaca, menulis dan mengasah kepekaan indera tubuh kita [3].

Mindful self-care yang dilakukan dengan baik secara mandiri akan mencegah timbulnya gejala ketidaksehatan mental, mencegah kelelahan kerja atau kuliah, serta meningkatkan produktivitas kerja dan kuliah [1]. Mindful self-care memberikan perhatian atau kesadaran terhadap aspek-aspek dari dalam diri individu maupun luar diri individu secara menyeluruh sehingga individu dapat merasakan kesejahteraan dalam segi fisik maupun emosional.

 

 

Sumber:

Cook-Cottone, C. P. (2015). Mindfulness and Yoga for Self-Regulation. New York: SPRINGER PUBLISHING COMPANY.

Sunbul, Z. A. (2018).           Mindful self-care dimensions as agents of well-being for students inmental health fields. European Journal of Education    Studies, 5(5), 33-41.           

Cook-Cottone, C. P. & Guyker, W. M. (2018). The development and validation of the mindful self-care scale (MSCS): An assessment of practices that support positive embodiment. Mindfulness, 9(1), 161-175.