Menurut Covey (2006) faktor yang sangat
mempengaruhi pengelolaan waktu seseorang ialah pemilihan prioritas. Hal-hal
mendesak adalah hal-hal yang memerlukan perhatian segera. Hal-hal mendesak ini membuat individu
tergoda untuk tidak bisa melepaskannya, sehingga cenderung menggunakan banyak
waktu untuk memenuhinya. Biasanya hal-hal mendesak ini bersifat menarik, mudah,
menyenangkan untuk dikerjakan dan hasilnya segera terlihat. Akan tetapi,
masalah-masalah mendesak ini bisa jadi sebenarnya tidaklah penting.
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi
keterampilan manajemen waktu seseorang dibagi dua, yaitu:
1) Faktor Internal
Faktor internal merupakan faktor-faktor yang muncul dari
dalam diri sendiri, diantaranya: a) Kemampuan
individu dalam bersikap asertif (mengatakan tidak); b) Memiliki minat akan sesuatu; c) Pemilihan prioritas dari kegiatan atau
tugas-tugas yang ada; d)
Kemampuan seseorang dalam memulai sesuatu, bagaimana individu mengumpulkan
perhatian terhadap apa yang dilakukan dan dikerjakan; e) Motivasi; f) Ketahanan diri untuk terus fokus dan
konsisten; g)
Pemahaman tentang tuntutan dari tugas-tugas atau kegiatan yang.
2) Faktor Eksternal
Faktor eksternal juga berperan penting dalam mempengaruhi
keterampilan manajemen waktu yang kamu miliki. Faktor-faktor eksternal
diantaranya adalah: a) Memiliki
sumber daya yang diperlukan,
misalnya laptop, buku, alat tulis dan internet; b) Solusi dan kondisi
lingkungan yang mendukung;