×

Menurut Covey (2006) faktor yang sangat mempengaruhi pengelolaan waktu seseorang ialah pemilihan prioritas. Hal-hal mendesak adalah hal-hal yang memerlukan perhatian segera. Hal-hal mendesak ini membuat individu tergoda untuk tidak bisa melepaskannya, sehingga cenderung menggunakan banyak waktu untuk memenuhinya. Biasanya hal-hal mendesak ini bersifat menarik, mudah, menyenangkan untuk dikerjakan dan hasilnya segera terlihat. Akan tetapi, masalah-masalah mendesak ini bisa jadi sebenarnya tidaklah penting.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan manajemen waktu seseorang dibagi dua, yaitu:

1)    Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor-faktor yang muncul dari dalam diri sendiri, diantaranya: a) Kemampuan individu dalam bersikap asertif (mengatakan tidak); b) Memiliki minat akan sesuatu; c) Pemilihan prioritas dari kegiatan atau tugas-tugas yang ada; d) Kemampuan seseorang dalam memulai sesuatu, bagaimana individu mengumpulkan perhatian terhadap apa yang dilakukan dan dikerjakan; e) Motivasi; f) Ketahanan diri untuk terus fokus dan konsisten; g) Pemahaman tentang tuntutan dari tugas-tugas atau kegiatan yang.

2)    Faktor Eksternal

Faktor eksternal juga berperan penting dalam mempengaruhi keterampilan manajemen waktu yang kamu miliki. Faktor-faktor eksternal diantaranya adalah: a) Memiliki sumber daya yang diperlukan, misalnya laptop, buku, alat tulis dan internet; b) Solusi dan kondisi lingkungan yang mendukung;